Pelajari 8 Syarat Sah Sholat, Muslim Harus Tahu!

Syarat-Sah-Sholat

smpn2jtb.sch.id – Simak dan perhatikan apa saja yang termasuk ke dalam syarat sah sholat seorang muslim.

Sebelum menjalankan kewajibannya, setiap muslim harus sudah tahu syarat sah sholat itu terdiri dari apa saja. Pasalnya sholat adalah ibadah wajib untuk dilaksanakan. Selain itu, juga menjadi ibadah yang masuk ke dalam rukun Islam.

Setelah mengucapkan dua kalimat syahadat, maka melaksanakan sholat. Barang siapa yang lalai dan meninggalkannya, maka akan dikenakan dosa. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui semua syaratnya.

  1. Tahu Kapan Waktu Masuknya Sholat

Syarat sah sholat pertama yang harus diketahui adalah kapan waktunya sholat masuk. Jangan sampai kamu melakukan sholat pada waktu yang salah. Jika hal ini dilakukan, maka sudah pasti sholatnya tidak sah.

Pasalnya, ibadah wajib ini harus dilakukan dengan keyakinan serta kepastian. Sangat dilarang untuk mengerjakannya dalam keadaan ragu-ragu. Jadi harus sadar dan yakin dengan waktunya.

  1. Bersih atau Suci

Tidak dalam keadaan kotor atau terkena najis. Baik itu najis besar atau pun najis kecil. Setiap orang yang akan melangsungkan sholat wajib untuk bersuci sebelumnya.

Bersuci yang dimaksud bisa dilakukan dengan mandi, wudhu hingga tayamum. Nah, untuk tayamum sendiri dilakukan saat kondisi tidak ada air. Jadi, jika masih ada air, lebih diutamakan untuk berwudhu.

Dalam hadis yang ditulilskan oleh Al-Jama’ah tertulis bahwa Allah tidak menerima sholat mereka yang tidak bersuci. Keterangan ini tentu merujuk pada kotoran yang tidak bisa ditolerir secara syara. Kotoran yang menempel di pakaian atau badan.

  1. Aurat yang Tertutup

Terjaganya aurat juga jadi salah satu syarat sah dalam melaksanakan sholat. Wajib hukumnya untuk disembunyikan. Hal itu sejalan dengan diharamkannya aurat untuk diperlihatkan.

Tidak hanya dalam melangsungkan ibadah, tetapi juga saat di waktu-waktu tertentu. Contohnya ketika membersihkan diri seperti mandi atau buang kotoran. Jaga aurat agar tetap tertutup.

  1. Hadap Kiblat

Selanjutnya seorang muslim di wajibkan untuk mengahadap ke arah kiblat. Penjelasannya sudah tertuang dalam surat Al Baqarah di ayat 149 sampai 150. Menjelaskan untuk memalingkan wajah ke masjidil haram.

  1. Niat

Mengerjakan apapun itu, termasuk ibadah haruslah dengan niat. Apalagi ibadah ini ditujukan kepada Allah, maka sudah seharusnya meniatkan sholat dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan ridho. Para ulama bahkan setuju bahwa hal ini masuk ke dalam fardhu dan rukun sholat.

  1. Tertib dan Muwaalaat

Keteraturan atau terib dalam melaksanakan ibadah adalah hal yang wajib dikerjakan. Selain itu juga harus muaalaat atau berturut-turut. Maksudnya ibadah yang dikerjakan tidak terputus dan berkelanjutan.

Tidak mungkin dalam melaksanakan sholat berhenti di rakaat pertama. Semua rangkaian dan rukun sholat harus dikerjakan secara runtut tanpa terputus. Jika terputus, maka ulangi kembali karena tidak sah sholatnya.

  1. Tidak Berbicara

Ketika melaksanakan sholat, setiap muslim diharuskan fokus dan tidak mengerjakan pekerjaan lainnya. Apalagi berbicara saat melaksanakan sholat. Pasalnya hanya 2 huruf yang dipahami saat sholat.

Pertama ketika mengingatkan imam dan kedua saat mengingatkan jamaah. Di luar itu, maka perkataan tersebut akan membatalkan sholat. Oleh sebab itu harus tenang dan tertib.

  1. Tidak Makan atau Minum

Terakhir, saat sholat tidak ada yang namanya makan atau pun minum. Sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa perkara di luar rukun sholat akan membuatnya batal. Pasalnya tidak boleh melakukan dua perkara saat sholat mengahadap Allah.

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang syarat sah sholat yang wajib untuk diketahui. Selain itu, sebagai seorang muslim sudah seharunya mempelajari hal tersebut. Dengan begitu, ibadah yang dilakukan pun bisa diterima oleh Allah swt.

admin http://smpn2jtb.sch.id

SMP NEGERI 2 JATIBARANG adalah sekolah menengah pertama yang memiliki calon peserta didik dengan visi Unggul dalam mutu, Santun dalam Perilaku, Peduli dan Berbudaya Lingkungan.

You May Also Like

More From Author